oleh

Peringati Bakti 5 Tahun Untuk Bangsa dan Negara, FIA UI Adakan Bedah Buku

Depok, – Dalam era globalisasi yang serba terkoneksi ini, Indonesia perlu kembali memikirkan bagaimana sistem dan praktik desentralisasi yang sudah berjalan hingga saat ini. Misalnya, bagaimana kewenangan pusat dan daerah yang tidak singkron dapat menyebabkan daya saing suatu negara terhambat.

Oleh karenanya, dalam rangka Lustrum (peringatan clang tahun ke-5) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), secara kongkrit menjawab tantangan tersebut melalui kegiatan Bedah Buku, yang merupakan salah satu rangkaian acara Dies Natalis FIA Ul ke-5 di Auditorium Juwono Sudarsono Universita Indonesia, Kamis (5/3/20).

Acara ini membedah tiga buku yaitu ‘Memimpin Reformasi Birokrasi’ yang ditulis oleh Dekan FIA UI Eko Prasojo, ‘Dua Sisi Mata Uang yang ditulis oleh Hora Tjitra, serta buku pajak dan pendanaan  peradaban Indonesia oleh Gatot dan Partner Tax Research dan Training Services DDTC Bawono Kristiaji.

Dalam sambutannya, Dekan FIA UI Eko Prasojo menjelaskan bahwasanya sebaik apapun regulasi yang dimiliki oleh Indonesia, kalau birokrasi yang menjalankannya tidak balk dan masih korup maka tidak akan balk implementasinya.

“Kesulitan investasi bukan semata-mata permasalahan di pusat saja, melainkan permasalahan didaerah, karena problem perizinan juga terletak di daerah. Kualitas pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang sebenarnya juga mempengaruhi bagaimana birokrasi berjalan,” ujarnya.

Setelahnya, acara bedah buku dimulai dengan pemaparan buku ‘Memimpin Reformasi Birokrasi’ oleh Eko Prasojo. Dalam kesempatannya, Eko menjelaskan bahwa di masa depan, birokrasi di Indonesia akan sangat bergantung kepada globalisasi dan digitalisasi.

“Kuncinya ada di kualitas politik dan demokrasi yang baik, institusi dan governansi yang kuat, serta strategi pembangunan ekonomi. Untuk itu, harus ada perubahan dari internal pemerintah itu sendiri,” jelasnya.

“Dimasa depan, Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja dimana saja tidak perlu terikat oleh waktu dan tempat. Karena itu, di masa depan yang paling penting dalam aspek bukan kehadiran, melainkan produk pekerjaan yang dihasilkan. Oleh karenanya, pada Ibukota yang baru saya berharap tidak ada gedung yang terlalu banyak dibangun,” ujarnya.

Pembahas selanjutnya, Flora Tjitra menjelaskan dalam bukunya ‘Dua Sisi Mata Uang,” bahwa perubahan dalam organisasi kata kuncinya terletak pada sistem dan pemimpinnya,” di Indonesia yang penting adalah bagaimana cara mengubah manusia dan kesulitan apa yang dihadapi pemimpin untuk mengubah karyawan.

Kalau di luar negeri, fokusnya lebih ke sistemnya,” ungkapnya.
Menurutnya, perubahan yang baik itu harus dari dua sisi. “Perubahan harus memikirkan aspek jangka panjang. Perubahan dari pemimpin (leader) kuncinya ada di pembelajaran, tentang bagaimana pemimpin mail terus belajar dan berbenah,” jelas Elora.

Berikutnya, Bawono Kristiaji yang akrab disapa mas Aji ini memaparkan bahwa buku ‘Pajak dan Pendanaan Peradaban Indonesia’ menawarkan konteks reformasi dan administrasi dibidang
perpajakan.

“Fragmentasi pajak yang terdiri dari multidisipliri, namun pada hakikatnya harus dikembalikan seeara menyeluruh ke dalam disiplin ilmu administrasi dan politik. Pemungutan pajak yang optimal didasari atas empat hal, yaitu kontraprestasi yang dilakukan negara, kontrak fiskal, kondisi masyarakat, serta komitmen politik,” ungkap Aji.

Selain itu, menurutnya komitmen politik juga menjadi hal yang utama. “Sejarah peradaban Indonesia sangat tergantung dari kemauan politik. Kornitmennya ini kadang-kadang yang menyebabkan
perubahan berhenti di tengah jalan ataupun tidak diselesaikan,” jelasnya.

Diketahui, Lustrum Dies Natalis FIA UI tahun ini mengangkat tema Globalisasi dan Desentralisasi: Bakti FIA UI untuk Bangsa dan Negara. Acara bedah buku ini juga dihadiri oleh lebih dari 150 peserta dari kalangan umurn.

Diketahui, Lustrum Dies Natalis FIA UI tahun ini mengangkat terra Globalisasi dan Desentralisasi: Bakti FIA U1 untuk Bangsa dan Negara. Acara bedah buku ini juga dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dari kalangan umum, mahasiswa dan alumni FIA UI.

Adapun ketiga buku ini dibahas oleh Menteri PANRI3 2011-2014 Azwar Abubakar, Profesor Perpajakan Indonesia Haula Rosdiana, dan pakar SDM sektor privat Pantius Drahen Soeling. Turut Nadir juga dalam acara ini Ketua KASN Agus Pramusinto, Komisioner KASN Rudi Sumarwono, Sekjend Departemen Keuangan 2005 J.B. Kristiadi, Peniliti Senior LIPI Siti Zuhro, serta Guru Besar Kebijakan Publik UGM Mustopadidjaja.

Debie Puspasari, STA., MPA Kepala Humas dan Protokoler FIA UI
Media contact: David Sanjaya, S.Sos. (media relation FIA UI, liurriaslia tii.ac.id; 081314087564)
(FPRN)

Komentar