oleh

“Tebat Gedang” Syurga Alam Nan Indah Yang Terlupakan

-Wisata-1.617 Pembaca

Kerinci,– “Sakti Alam Kerinci” begitu biasanya masyarakat lokal menyebut daerahnya, Kerinci adalah kota kecil yang terletak di ujung barat Provinsi Jambi yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat, Kerinci adalah daerah yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah, dikarenakan tempatnya yang strategis serta mayoritas penduduknya masih menjunjung tinggi adat dan tradisi, jadi tidak heran kalau anda memasuki daerah ini masih terasa amat alami.

Di era sembilan puluhan sebuah surat kabar ternama yakni Surat kabar Kompas pernah mengutip judul “Jangan Mati Dulu Sebelum ke Kerinci”, sebuah judul berita tersirat makna yang begitu dalam, tentunya banyak menimbulkan pertanyaan- pertanyaan, ada apakah di Kerinci itu?? Begitu dahsyatnya judul berita tersebut sampai- sampai hingga saat ini kata tersebut dijadikan sebuah slogan tersendiri bagi masyarakat kerinci.

Kerinci dulunya juga dikenal sebagai “Sekepal tanah syurga” yang tentunya memiliki keindahan alam bak taman syurgawi, Wisata alam yang tersaji indah, membuat setiap mata yang melihat pasti akan merasa terpesona olehnya, tak heran jika Kerinci sekarang dijadikan sebagai trending wisata di Provinsi Jambi ini.

Dari banyaknya Wisata alam yang tersaji indah tersebut, masih terdapat beberapa wisata alam yang kadang luput dari pandangan mata kita, untuk dilestarikan dan kita kenalkan lagi pada dunia.

Adalah sebuah Danau Kecil yang berada diatas Bukit di Kabupaten Kerinci, terletak dalam wilayah adat Belui Kecamatan Depati Tujuh, yang juga tak kalah indah dan menawan di banding wisata alam yang lain.

Danau Kecil yang biasa disebut dengan “Tebat Gedang” oleh masyarakat setempat, merupakan salah satu wisata alami yang terbentuk dengan sendirinya, dan seakan menjadi icon tersendiri yang dimiliki oleh masyarakat Empat Desa Belui.

Sumber mata airnya yang sangat alami, dikelilingi pohon Pinus menyejukkan, berada diatas bukit yang berbaris indah, bentuknya yang menyerupai simbol cinta, membuat danau mungil ini seolah memiliki ke unikan tersendiri.

Tapi kadang sangat di sayangkan, sebuah wisata alam indah nan elok ini, kehadirannya masih terlupakan oleh kita semua.

Tentunya sebagai generasi penerus, sudah merupakan tugas kita untuk memperkenalkan pada dunia, bahwa di kerinci ini masih banyak wisata alam yang tersedia lainnya, selain wisata- wisata yang dikenalkan oleh Pemerintah daerah kepada wisatawan.

Mungkin Danau Kecil (Tebat Gedang) yang sampai saat ini masih menjadi misteri tersendiri tentang kedalamannya ini, merupakan satu diantara banyaknya wisata alam lain yang terlupakan kehadirannya dan tersaji di bumi sakti alam kerinci ini dan tentunya harus kita jaga keberadaan dan kelestariannya.

Agar kelak Danau mungil ini (Tebat Gedang) mampu bersaing dengan seluruh wisata- wisata alam yang ada di mancanegara.

Dan melalui kesempatan ini juga penulis mengajak kita semua, baik Pemerintah Kabupaten Kerinci yang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Masyarakat Kabupaten Kerinci, terkhususnya lagi Masyarakat wilayah adat Empat Desa Belui, mohon perhatian kita bersama, walaupun masih ditengah wabah yang melanda, tidak ada salahnya mari sama- sama kita jaga alam dan kita lestarikan kekayaan alam kita ini, kita kenalkan lagi bahwa wisata alam yang kita miliki mampu menarik perhatian wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara nantinya.

Sekepal Tanah dari Syurga, yang Sejuk, Aman, Kenangan, Tertib dan Indah itulah Sakti Alam Kerinci. (RK)

Komentar

BERITA TERKAIT