oleh

Dongkrak Perekonomian dan Permudah Kebutuhan Pokok Warga. Pasar Ujunggede, Diresmikan

 

Pemalang – Kepala Dinas Pembardayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) yang diwakili Kabid Pemberdayaan Ekonomi Desa dan Kelembagaan Masyarakat, Triyatno Yulianto meresmikan Pasar Desa Ujunggede, di Desa Ujunggede, kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Kamis (14/01/21)

Peresmian pasar ditandai dengan pemotongan tali pita oleh Kabid Triyatno Yuliarno didampingi Kepala Desa (Kades) Ujunggede Muh Arifin, Camat Ampelgading Mulyanto bersama Muspika Ampelgading.

Kades Muh Arifin menyampaikan pasar Ujunggede ini memiliki 122 kios dengan meperioritaskan pedagang dari warga Desa Ujunggede.

“Pedagang Dari Desa Ujunggede 70 persen dan 30 persennya dari desa sekitar,” kata Muh Arifin.

Menurut Arifin, pasar ini untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) ataupun penataan BUMDes. Dengan adanya pasar Desa Ujunggede ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Mudah-mudahan dengan adanya pasar yang baru ini kita bisa melaksanakan kegiatan atau unit usaha lain dari BUMDes kita,” ujarnya.

Muh Arifin berharap BUMDes Ujunggede Sejahtera Mandiri segera menata unit usahanya agar segera berjalan sesuai dengan tujuan yaitu meningkatkan PAD.

Selain itu, Mulyanto Camat Ampelgading menambahkan semoga ini menjadi motifasi bagi desa – desa lain untuk pasar desa, bukan pasar modern tetapi pasar desa yang modern.

Mulyanto juga berharap agar Pasar Desa Ujunggede ini jadi berkembang dan bisa menumbuhkan kemandirian masyarakat. “Pemerintahan Desa harus mengatur jangan sampai menjadi pasar liar,” pesannya.

Lanjut dia, jangan sampai pasar menjadi liar dalam arti siapapun tidak mau mengikuti aturan yang dimaksud tidak mengikuti aturan yaitu pasar nantinya menjadi persoalan sampah dan persoalan kebersihan.

“Jika nanti ada masyarakat yang berpartisipasi dalam pengembangan pasar, silahkan dibuat regulasinya. Artinya disitu ada kewajiban kebersihan, keamanan dan yang lainnya. Bukan kewajiban retribusi ke-desa, tetapi dalam rangka kebersamaan menjaga lingkungan pasar” tegasnya.

Sasongko

Komentar