oleh

Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang : Gerai Oleh-oleh Khas Pemalang Akan Segera Diwujudkan

Pemalang, – Setelah dilantik menjadi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Pemalang beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada 12 Maret 2021 kini nama Ibu Santi Rosalia Mansur Hidayat yang merupakan istri dari orang kedua di Pemalang tidak asing lagi namanya melekat di warga Kabupaten Pemalang.

Santi Rosalia Mansur Hidayat, ST dilantik oleh Bupati Pemalang untuk menahkodai TP PKK Kabupaten Pemalang menggantikan Irna Setiawati Junaedi, SH. MM untuk masa bhakti periode 2021-2026.

Saat ditemui awak media juga sekaligus anjangsana perwakilan Pengurus Sekber IPJT Kabupaten Pemalang pada Kamis malam (29/04/21) di rumah dinas Wakil Bupati Pemalang di Jl. Krakatau Wanarejan Selatan Kab. Pemalang membeberkan tentang program kerja yang akan segera diwujudkan yakni akan mengadakan Gerai Oleh-oleh PKK Kabupaten Pemalang dalam waktu dekat.

Menurutnya, “Bahwa Kabupaten Pemalang memiliki potensi aneka makanan khas daerah yang sangat potensial untuk dikembangkan, Pemalang perlu memiliki Gerai aneka oleh-oleh khas daerah sehingga para pelancong maupun pengunjung dari berbagai daerah tidak kesulitan untuk membeli oleh-oleh kas daerah asal Pemalang,” tuturnya.

Lebih jauh Ibu Santi Rosalia menerangkan, “Bahwa tampilan (packaging) produk yang menarik juga kualitas rasa akan menjadikan kriteria pokok yang akan dipajang dalam Gerai Oleh-oleh produk lokal khas Pemalang tersebut, hal ini akan memberikan nilai tambah juga menarik bagi pengunjung dari luar daerah yang datang ke Pemalang,” paparnya.

Sebagai contoh ada dua produk yang sama dengan packaging yang berbeda tentunya konsumen akan membeli produk yang tampilanya lebih menarik meskipun dengan rasa dan kualitasnya berbeda, ditekankan oleh Ibu Santi bahwa Gerai Oleh-oleh tersebut hanya untuk produk lokal khas Pemalang yang masuk dalam Gerai Oleh-oleh yang tentunya juga sudah memiliki ijin IPRT dari Perindustrian juga dari Kesehatan.

Disinggung soal merk produk Santi Rosalia membeberkan bahwa masing masing produk lokal akan menciptakan merk identitas sendiri- sendiri, dan Gerai akan menampung sebagai marketing produk tersebut yang tentunya bahwa kita memiliki usaha di rumah sendiri yang nantinya juga kita kelola sendiri dan tentunya diharapkan bisa menciptakan pasar sendiri agar setiap OPD-OPD di meja Kepala Dinas diharapkan di mejanya juga memakai produk lokal kas daerah sendiri dengan demikian akan menciptakan peluang usaha dan menyerap tenaga kerja yang potensial bagi PKK di tingkat Kecamatan maupun Desa/Kelurahan,” ujarnya.

Ibu Santi Rosalia Mansur Hidayat merupakan seorang wanita yang karismatik dan rendah diri dengan segudang pengalamanya saat mendampingi suaminya bertugas Mansur Hidayat, ST sewaktu di BUMN Provinsi Riau di tengah wawancanya dengan awak media menuturkan program PKK yang akan segera dilounchingkan tersebut bahwa dirinya tidak mau dipanggil Bu Wakil Bupati ujarnya sambil menerangkan program Galeri Oleh oleh kas Pemalang, dikatakannya, “Saya lebih senang dipanggil Mbak daripada Ibu Wakil Bupati, karena panggilan mbak akan lebih dekat seperti teman secara emosional dibanding dipanggil ibu Wakil Bupati seakan ada jarak dan ewuh pakewuh,” ujarnya.

Diakhir wawancaranya Santi Rosalia Mansur Hidayat membeberkan bahwa Program Galeri Oleh-oleh rencana akan dilaunching dalam waktu dekat setelah lebaran ini rencana berlokasi di Jl. A. Yani Pusat Kota Pemalang yang merupakan juga lokasi tersebut milik salah satu pengurus PKK dengan swadaya untuk memakainya harapan kedepanya agar galeri oleh- oleh kas Pemalang ini akan berjalan dengan sukses juga mendukung daripada program Desa Wisata sehingga di setiap lokasi Wisata di Kabupaten Pemalang juga akan ada tempat galeri oleh- oleh kas Pemalang yang ditampilkan dalam dua versi produk oleh oleh kas Pemalang produk lokal dan produk Galeri oleh-oleh kas Pemalang untuk pengunjung luar daerah yang memang untuk dibawa pulang dari berkunjung wisata di Kota Pemalang,” pungkasnya.

Ojin

Komentar