oleh

Gaduh Acara Ramah Tamah dan Sambung Rasa dengan Wartawan, Diskomimfo di Tegur Bupati

Pemalang Jateng, – Dalam rangka memperat kemitraan antara Pemkab Pemalang dengan para awak media/ jurnalis yang bertugas di lingkungan Kabupaten Pemalang Diskomifo gelar acara “Ramah Tamah dan Sambung Rasa dengan Mas Bupati” pada Kamis (7/10/2021) di Aula Gedung Pertemuan Dinas Pariwisata dan Olah Raga Kabupaten Pemalang. Acara yang dihadiri oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST.M.Si , Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Dr. AP. Ir. Mohamad Arifin, M. Si, Plt. Komimfo Kabupaten Pemalang Muji Sukur beserta jajaranya dan para undangan dari berbagai awak media online maupun cetak di lingkup Kabupaten Pemalang. Acara yang diselenggarakan oleh leading sektor Kominfo Kabupaten Pemalang namun dalam undangan yang dibuat oleh Sekretaris Daerah Pemalang yang dilampiri terbatas oleh perwakilan berbagai media cetak dan online. Acara dibuka langsung oleh Plt Komimfo Kabupaten Pemalang Muji Syukur dengan tanya jawab dengan Mas Bupati, namun awalnya panitia menjadwalkan acara tanya jawab dalam dua season yaitu season pertama dan season kedua.

Para peserta undangan / wartawan nampaknya sangat merindukan acara semacam ini, terlebih semenjak Pelantikan Jabatan Plt Dinas Komifo dilantik belum ada acara tatap muka langsung dengan Plt Komimfo, pada saat tanya jawab season pertama usai semuanya telah dijawab Oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo,ST. M. Si. namun menginjak acara season kedua mederator Plt. Kominfo tanpa memberitahukan kepada audien langsung menutup acara tanya jawab setelah season pertama usai, maka kegaduhan mulai terjadi karena tanya jawab season kedua belum dilaksanakan.

Saat Moderator menutup acara langsung suara lantang salah satu awak media usul kepada moderator, dimana teman – teman wartawan yang belum sempat bertanya agar diberi kesempatan bertanya yang dilakukan secara lantang dan keras yang selanjutnya protes kepada panitia, di lain pihak salah satu awak media langsung tidak terima dengan usulan yang dinilai kasar dan dengan cara yang tidak sopan adanya, disitulah terjadi keteganggan kegaduhan dan suasana menjadi ricuh sesaat, Tapi itu semua cuma miskomunikasi , akhirnya situasi mulai kondusif dan rekan jurnalis yang saling gaduhpun mulai reda, saat season kedua dilanjutkan lagi oleh Pemandu acara Muji Sukur selaku Plt. Komimfo kabupaten Pemalang.

Semua pertanyaan wartawan dalam acara ramah tamah, tentang kemajuan Pemalang, satu persatu dijawab oleh Mukti Agung Wibowo dengan serius dan lugas.

Bupati juga menanggapi serius tentang kurangnya pendekatan antar dinas kominfo dengan teman – teman media baik oline ataupun cetak

“Saya mengerti bukan cuma teman – teman media , yang merasa kecewa dengan dinas kominfo, sayapun juga komplain, kenapa saya komplain karena pas hari raya Idul Fitri/ Lebaran pun bener ucapan hari lebaran juga terbatas” tegas orang nomor satu di Pemalang tersebut. Bupati dengan nada kesal sambil mengatakan “apa sebenarnya tugas Komimfo ?”, namun lanjut Bupati menerangkan akan dibina dulu kalau tidak mau dibina ya..? langsung dijawab oleh celetukan para jurnalis “dibinasakan” saja ? Bahkan ada celotehan dari para peserta agar diganti saja Plt. Komimfo nya, pada namun dengan bijak dijawab oleh Bupati dimana tidak semudah mengganti jabatan seperti di Perusahaan saja, perlu pertimbangan yang matang adanya.” terang Bupati.

Selanjutnya pesan Bupati Pemalang , kepada teman-teman media ” bahwa kemitraan adalah salah satu komunikasi yang baik dalam memberikan sumbangsih pemberitaan kepada publik” ungkap Bupati Perlu diketahui dari semua pertanyaan yang pokok pada intinya para jurnalis menyangkut seputar mengenai kesulitan mencari nara sumber, dimana para jurnalis mengeluh menemui kepala OPD di Kabupaten Pemalang yang selalu sulit terkadang dilempar kesana kemari, sehingga akan menyulitkan dalam memperoleh nara sumber berita, juga peranan Dinas Komimfo yang selama ini belum mengakomodir berbagai media online maupun cetak di lingkungan Kabupaten Pemalang yang terkesan adanya pilih kasih terhadap beberapa media yang ada saja di Kabupaten Pemalang.

Seusai acara tersebut dilanjutkan dengan ramah tamah Bupati membakar sate yang dibagi – bagikan kepada awak media yang mengikuti kurang lebih berjumlah 74 awak media di lingkungan liputan Kabupaten Pemalang.

Ojin

Komentar