oleh

Kegiatan Silaturahmi Kapolres OKU ke KPU Dalam Menghadapi Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2022

OKU SUMSEL, – Senin tanggal 29 Agustus 2022 sekira pukul 10.00 Wib bertempat di Kantor KPU Kab. OKU, yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani Km 4.5 Kel. Kemelak Bindung Langit Kec. Baturaja Timur Kab. OKU telah berlangsung kegiatan silaturahmi Kapolres OKU ke KPU Kab. OKU.

Kegiatan silaturahmi di Kantor KPU Kab. OKU dihadiri oleh :
– AKBP DANU AGUS PURNOMO, S. IK, Kapolres OKU.
– KOMPOL YULFIKRI, SH,.Kabag Ops Polres OKU.
– AKP HENDRY ANTONIUS, SH, Kasat Intelkam Polres OKU.
– IPTU ARIF WARDOYO, Kanit Lidik I Sat Intelkam Polres OKU.
– NANING WIJAYA, ST, Ketua KPU Kab OKU
– DONY MARDIAN, SH, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM.
– JAKA IRHAMKA, SH, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan.
– RAHMAT HIDAYAT, SH.I, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi
– YUDI RISANDI, S. Sos, M.Si, Komisioner Divisi teknis dan Penyelenggara.

Adapun penyampaian dalam kegiatan silaturahmi yaitu sebagai berikut :

Ketua KPU Kab OKU, NANING WIJAYA, ST :
– Ucapan terimakasih kepada Kapolres OKU beserta rombongan yang berkesempatan hadir di Kantor KPU Kab. OKU hari ini.

– Menyampaikan bahwa Kegiatan KPU Kab. OKU saat ini melaksanakan tahapan Pemilu 2024 yaitu Verivikasi Partai Politik yang rangkaian kegiatannya akan berakhir Desember 2022 . Diperkirakan kegiatan KPU Kab. OKU baru akan padat pada tahun 2023 dimana nantinya ada penetapan Calon anggota DPRD Kab, Provinsi dan DPR RI serta penetapan Calon Presiden 2024.

– Rangkaian tahapan saat ini telah berjalan dengan baik, belum ada hambatan-hambatan yang menggangu tahapan Pemilu 2024. Kami berharap tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik sampai dengan selesai tahapan.

Kapolres OKU, AKBP DANU AGUS PURNOMO, S. IK :
– Ucapan terimakasih atas sambutan dan penerimaan kami oleh Ketua KPU Kab. OKU dan jajarannya dalam kegiatan silaturahmi hari ini.

– Kegiatan silaturahmi Polres OKU hari ini ke kantor KPU Kab. OKU untuk memberikan dukungan penuh kepada KPU Kab. OKU untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2024 supaya dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

– Kita lihat situasi saat ini kegiatan Parpol di Kab. OKU sudah meningkat intensitasnya walaupun tahapan penting akan berjalan di tahun 2023.

– Situasi Kondisi Pemilu 2024 nantinya tentunya berbeda seperti Pemilu 2019 sebelumnya, untuk itu Polres OKU sudah siap untuk menghadapi situsi yang berubah dinamis setiap harinya. Kami siap untuk mendukung Penyelenggara agar Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan kondusif setiap tahapannya.

Komisioner Divisi teknis dan Penyelenggara, YUDI RISANDI, S. Sos, M.Si :
– Menyampaikan bahwa kegiatan KPU Kab. OKU bagian divisi teknis saat ini verivikasi Partai Politik yaitu Verivikasi adminitrasi. Untuk hasil verivikasi adminrasi nanti akan diumumkan tanggal 14 September 2022. Setelah lolos adminitrasi, selanjutnya Partai yang lolos adminitrasi akan melaksanakan Verivikasi Faktual.

– Perlu diketahui Pemilu 2024 berbeda dengan Pemilu 2019. Pada 2024 berkas Parpol didaftarkan secara pusat ke KPU RI ke dalam aplikasi Sipol, dari KPU RI diturunkan Kabupaten melalui soft file.

– Untuk Kab. OKU syarat jumlah anggota tiap partai akan lolos minimal 372 dukungan. Sampai dengan pendaftaran ditutup, terdapat 22 Parpol di Kab. OKU yang mengikuti verivikasi Parpol Pemilu 2024.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, DONY MARDIANYAH, SH :
– KPU Provinsi Sumsel saat ini akan mengadakan sekolah Demokrasi di masing-masing Kabupaten di Provinsi Sumsel. Untuk anggaran kegiatan berasal dari KPU Provinsi Sumsel. Untuk peserta diutamakan pemilih pemula, Pemilih disabilitas dan tokoh masyarakat.

– Untuk saat ini jumlah pendaftar yang akan mengikuti sekolah Demokrasi sebanyak 64 peserta dan yang akan lolos sebanyak 25 peserta. Untuk nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan seminggu sekali selama 1 (bulan).

Kegiatan silaturahmi Kapolres OKU berakhir sekira pukul 11.30 Wib dalam keadaan aman dan kondusif.

Afz

Komentar