oleh

Jelang Pemilihan Umum 2024, Kepolisian Resort OKU Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024

-Polri-133 Pembaca

BATURAJA, – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepolisian Resort (Polres) OKU menggelar Apel Gelar Pasukan bertajuk Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang berlangsung di Halaman Mako Polres OKU. Selasa (17/10/2023).

Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, S.IK, MH yang diikuti langsung oleh seluruh pasukan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH dan PJU Polres OKU, Pj Bupati OKU diwakili Plh. Sekda. H. Romson Fitri, SH. MH., Dandim 0403 OKU Diwakili Danramil 12-kapten CPL Suwiknyo, Kajari Baturaja Diwakili kasi intel Variska Ardina, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja Hendri Agustian, Ketua DPRD Kabupaten OKU Marsito Bochri, Ketua KPUD KAB, OKU Naning wijaya, ST., Ketua Panwaslu Kab OKU Yudi Risandi, S.Sos. MSI, Kadishub Kab OKU, Kasat Pol PP Kab OKU, Kadinkes Kab OKU, Kalaksana BPBD Kab OKU, Kadis PBK Kab OKU, Ka Senkom Kab OKU, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat serta Para Tamu Undangan dan peserta Apel Gelar Pasukan.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, S.IK, MH mengatakan, Apel gelar pasukan ini dalam rangka pemeriksaan akhir kesiapan personel, alat serta sarana dan prasaran yang digunakan Polri dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Dan dalam pengamanan Pemilu 2024, Polri menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024 selama 222 hari, terhitung mulai dari 17 Oktober 2023.

Saat memimpin apel gelar pasukan, Kapolres menyampaikan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo Msi yang menjelaskan, bahwa Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras (sarana dan prasarana) dalam pelaksanaan operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Menyadur apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan serentak dalam tahun yang sama, ini pekerjaan yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita, melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pemilu 2024.

Polri sendiri dalam operasi ini diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta berpartisipasi menjaga stabilitas Kamtibmas pada pemilu 2024.

Kapolri juga memerintahkan agar lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail diwilayahnya masing-masing, selesaikan hingga keakar masalah, dan jika ada konflik yang sudah mengganggu stabilitas Kamtibmas, pastikan penggunaan kekuatan yang tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas.

Khusus terkait Bencana Alam agar dikoordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, Basarnas dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan sehingga bencana dapat dimitigasi.

Aksi terorisme juga harus menjadi perhatian serius, jangan sampai terjadi untuk pemilu tahun 2024 ini. Tegasnya.

Diakhir sambutan nya Kapolres OKU mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas kepada seluruh personil yang terlibat dan mengajak semua bersama-sama untuk amankan Pemilu 2024,”pungkas.

Pada pelaksanaan apel ini, Kapolres OKU didampingi Forkopimda OKU melakukan pemeriksaan pasukan dan sarpras. (Afz)

Komentar