oleh

Kapolres OKU, AKBP. Arief Harsono Silaturahim Bersama KPU Guna Bangun Sinergitas Jelang Pemilu 2024

OKU SUMSEL, – 24 November 2023, 09.50 Wib di Kantor sekretariat KPU Kabupaten OKU, tepatnya di Kilometer 4,5 Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, berlangsungnya kegiatan Silaturahmi Kapolres OKU ke Kantor KPU Kabupaten OKU dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergitas Polres OKU dan KPU Kabupaten OKU menjelang Pemilu Tahun 2024.

Kapolres OKU, AKBP Arief Harsono, SIK., MH. didampingi oleh Kabag OPS Polres OKU, Kompol Liswan Nurhapis, SH dan Kasat Intelkam Polres OKU, AKP Hendry Antonius, SH tiba di Kantor KPU Kabupaten OKU disambut oleh Ketua KPU Kabupaten OKU, Naning Wijaya, ST, Komisioner Divisi Hukum Dan Pengawasan KPU Kabupaten OKU, Jaka Irhamka, SH, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten OKU, Saiful Anwar Hendri, Komisioner Divisi Perencanaan, Data Dan Informasi KPU Kabupaten OKU, Rahmad Hidayat, S.HI.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut Kapolres OKU, AKBP Arief Harsono, SIK., MH. Dia menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan ini dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan menyamakan visi dan misi penyelenggaraan pemilu nantinya dapat berjalan dengan aman, lancar, kondusif dan sukses.

Terkait dengan adanya kerusakan surat suara yang terjadi pada Pilkada Tahun 2020 yang lalu, agar kiranya jika ada permasalahan pihak KPU Kabupaten OKU dapat berkoordinasi dengan Polres OKU terkait perkembangan pendistribusian logistik Pemilu maupun permasalahan lainnya.

Polres OKU akan mendukung KPU dan Bawaslu terkait tahapan penyelenggaraan Pemilu, pengawasan pertahapan Pemilu, serta terus memonitoring kendala yang di hadapi, Progres Logistik, Rencana pengelolaan dan pendistribusian logistik KPU.

Kunjungan ini juga berkaitan dengan tahapan pemilu kedepan dimana setiap potensi kerawanan dan gangguan nantinya kita upayakan pencegahan, Polres OKU siap membantu KPU Kabupaten OKU untuk mensukseskan dan mengamankan Pemilu Tahun 2024.

Kapolres OKU juga menegaskan bahwa Anggota Polri bersikap netral dalam setiap pelaksanaan Pemilu.

Sementara Ketua KPU Kabupaten OKU, Naning Wijaya, ST., mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan Silaturahmi Kapolres OKU ke Kantor KPU Kabupaten OKU.

Beliau menjelaskan saat ini telah memasuki tahapan pendistribusian logistik Pemilu Tahun 2024, yang mana proses pendistribusian dilakukan secara bertahap, dan saat ini untuk surat suara belum tiba di gudang logistik KPU Kabupaten OKU, dimungkinkan selambat – lambatnya tiba pada bulan Januari Tahun 2024.

Terkait dengan adanya lembar surat suara rusak pada Pilkada Tahun 2020 yang lalu, memang benar adanya surat suara yang rusak berjumlah 491 lembar surat suara dikarenakan sobek, gradasi warna yang rusak, gambar paslon tidak jelas dan lain-lain, sehingga harus disisihkan.

Pihak KPU Kabupaten OKU akan terus berkoordinasi dengan pihak Polres OKU jika ada permasalahan maupun terkait perkembangan pendistribusian logistik Pemilu.

Pihak KPU Kabupaten OKU sangat mendukung upaya Polri dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024 dan siap untuk bekerjasama membantu Polres OKU untuk menciptakan kamtibmas dan menjaga situasi Politik di wilayah Kabupaten OKU tetap kondusif.

Selanjutnya, kegiatan silaturahmi diselingi dengan pengecekan Gudang Logistik KPU Kabupaten OKU, didampingi oleh Ketua dan Komisioner KPU Kabupaten OKU.

Pada saat pengecekan Gudang Logistik, Kapolres OKU, AKBP. Arief Harsono, SIK., MH. menyampaikan bahwa penjagaan gudang logistik Pemilu merupakan bagian dari pengamanan yang harus dilakukan oleh Polri dalam tahapan Pemilu 2024.

Kapolres juga menghimbau kepada pihak dari KPU agar memperhatikan keselamatan petugas dan tingkat keamanan Gudang Logistik Pemilu 2024 berpedoman pada Peraturan KPU RI terutama ruang kantor, CCTV dan lingkungan sekitar kantor.

Rangkaian kegiatan Silaturahmi Kapolres OKU ke Kantor KPU Kabupaten OKU dan Pengecekan Gudang Logistik KPU Kabupaten OKU yang berakhir pukul 12.00 Wib terlihat aman dan terjaga sepenuhnya. (Afz)

Komentar