oleh

Kapolres OKU Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Rapat Pleno Terbuka Tahun 2024

BATURAJA, – Kapolres OKU AKBP. Imam Zamroni, S.I.K., M.H., mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara tingkat Kabupaten OKU dalam Pemilu Tahun 2024 yang berlangsung di Kantor Sekretariat KPU Kab. OKU Jl Jendral A Yani KM 4,5 Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU. Kamis (29/02/2024).

Rapat Koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kab. OKU, Ade Satria Dwi Putra, S.H., dalam sambutannya sekaligus membuka Rakor, Ketua KPU Kabupaten OKU Ade Satria Dwi Putra, SH. dengan menyampaikan bahwa Rapat kali ini membahas berbagai persiapan dalam pelaksanaan pleno di tingkat Kabupaten yang direncanakan pada tanggal 02 Maret 2024 bertempat di Gedung The Wong Baturaja, dimana KPU Kabupaten OKU akan menyiapkan fasilitas teknis, termasuk proyektor dan live streaming, untuk memfasilitasi partisipasi masyarakat dan media dalam pleno tersebut.

Berdasarkan PKPU 5 Tahun 2024, pelaksanaan Rapat Pleno Tingkat Kab/Kota dijadwalkan pada tanggal 17 Februari hingga 5 Maret 2024. Untuk Kabupaten OKU hingga saat ini masih berjalan 1 (satu) Kecamatan yang melaksanakan Pleno tingkat Kecamatan, diprediksikan akan selesai pada hari ini juga.

Kami berharap pelaksanaan Pleno Tingkat Kabupaten akan berjalan selama 2 (dua) hari dari tanggal 2 Maret hingga 4 Maret 2024 ditargetkan telah selesai.

Adapun mekanisme awal pada tanggal 2 Maret 2024 nantinya akan dilakukan pergeseran logistik berupa Kotak D Hasil dari Gudang Logistik KPU menuju Gedung The Wong, kemudian langsung dilaksanakan ceremonial pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten.

Faktor keamanan menjadi hal penting yang perlu mendapatkan perhatian bersama agar pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara dapat berjalan aman dan lancar, untuk itu dalam kesempatan rakor persiapan kali ini, kami melibatkan TNI Polri menjadi lining sector dalam aspek pengamanan, dan juga terkait pengaturan lalu lintas dari Sat Lantas Polres OKU dan Dishub Kabupaten OKU.

Kami juga menyarankan agar kiranya di hari Pelaksanaan Pleno tingkat Kabupaten, unsur Forkopimda OKU didampingi KPU dan Bawaslu intens untuk melaksanakan cek dan kontrol proses pelaksanaan Rapat Pleno. Tutupnya.

Dalam kesempatan itu juga Ketua Bawaslu OKU, Yudi Risandi S.Sos., M.Si menyampaikan agar kiranya KPU Kabupaten OKU dalam menetapkan jadwal Pleno tingkat Kabupaten disesuaikan dengan kesiapan dan administrasi yang ada, sehingga proses pelaksanaan nantinya akan berjalan aman dan lancar.

Pihak Bawaslu OKU akan mengikuti sesuai jadwal pelaksanaan Rapat Pleno tingkat Kabupaten yang ditetapkan oleh KPU Kabupaten OKU. Dalam pelaksanaan pengawasan maupun mitigasi di lapangan, Bawaslu OKU akan mempedomani Juknis dan SOP yang ada, dan kami harapkan juga untuk pihak penyelenggara dapat mempedomani aturan-aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan kegiatan.

Sementara Kapolres OKU AKBP. Imam Zamroni, S.I.K., M.H., juga menyampaikan bahwa Polres OKU secara teknis telah mengatur mekanisme untuk jalur evakuasi / escape untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi, yang mana pada hari sebelumnya telah dilakukan pengecekan ke lokasi di Gedung The Wong didapati beberapa jalur yang dapat menjadi akses untuk jalur evakuasi.

Hingga saat ini Polres OKU belum menerima surat pemberitahuan rencana aksi damai terkait pada Pelaksanaan Pleno tingkat Kabupaten, dimana kita ketahui dalam pelaksanaan Pleno tingkat Kecamatan terdapat adanya saksi yang mencantumkan di form D keberatan yang dapat memicu pergeseran massa.

Dalam pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi tingkat Kabupaten, agar nantinya pihak KPU melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan mengacu pada PKPU, sehingga jika ada protes pada saat pelaksanaan Pleno, penyampaian dari pihak KPU kepada massa dapat dipahami dan dimengerti sehingga diterima oleh masyarakat. Ujar Kapolres Oku.

Kasat Intelkam Polres OKU, AKP Hendry Antonius, SH menambahkan dengan mengucapkan syukur tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 sampai dengan saat ini dapat berjalan lancar. Meski ada sedikit gangguan, tapi atas kerja sama yang baik semuanya bisa diatasi dengan aman.

Terkait dengan hal ketertiban dalam pelaksanaan Pleno Kabupaten nantinya, agar kiranya KPU Kabupaten OKU mempersiapkan tanda pengenal (ID CARD) bagi peserta maupun undangan sehingga orang yang dapat memasuki Gedung Rapat Pleno Tingkat Kabupaten. OKU terisolir.

Terkait dengan pergeseran Logistik dari Gudang KPU menuju Gedung The Wong, akan di koordinasikan dengan Kabag Ops Polres OKU, untuk menerbitkan Surat Perintah pengawalanan pergeseran logistik.

Rapat Koordinasi Persiapan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten OKU Dalam Pemilu Tahun 2024 dihadiri oleh Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni, SIK., MH., Kajari OKU diwakili Pasi Intel, Varisca, SH, MH., Ketua Pengadilan Negeri Baturaja diwakili Sekretaris, Dwi Joko Handoyo, SH., Dandim 0403/OKU diwakili Kasdim, Mayor Inf. Sariyo, Kaban Kesbangpol diwakili Kabid Poldagri, Martulasina Putra, S.Sos., M.M, Ketua Bawaslu Kabupaten OKU, Yudi Risandi S.Sos., M.Si, Komisioner KPU Kab. OKU, Komisioner Bawaslu Kab. OKU, Unsur OPD terkait. (Afz)

Komentar