oleh

HTK di Desak Maju Melalui Jalur Independen Jika Partai Pengusung Tidak Mencukupi

Oleh : Indra wirawan, S.Pd.

Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Pergerakan Aktivis Sejati (LSM PETISI)

H. Tafyani Kasim (HTK ) Merupakan sosok figur yang sudah sangat dikenal oleh Masyarakat, khususnya Kerinci bagian Hilir, dia merupakan sosok yang dikenal ramah dan bersahabat terhadap siapa saja, sosok yang dikenal mudah bergaul dan welcome dalam berurusan dalam segi apapun, penampilannya yang sederhana dan bersahaja menjadi tarikan tersendiri, dan itu dapat dilihat dari penampilan kesehariannya.

Selain menjadi sosok figur yang berwibawa dan bersahaja, Masyarakat mengharapkan kehadirannya untuk membangun Tanah Kerinci yang subur dan kaya raya ini.

HTK yang berlatar belakang pengusaha sukses, menjadi sosok yang tepat untuk melakukan berbagai perubahan, selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dia dipercayai mampu mengangkat nama baik Kerinci kembali sebelumnya pernah tenggelam dalam kemajuan era politik moderen.

Menjadi seorang Pebisnis sukses diluar Kerinci, bukan berarti dia jauh dari masyarakat dan tetangganya, malah dia menjadi panutan dan teladan bagi masyarakat Desa Jujun Kecamatan Keliling Danau, tanah kelahirannya sekitar 50 tahun yang lalu.

Melangkah ke dunia Politik pada 2014 dalam ajang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kerinci, namun beliau masih belum beruntung karena tidak mendapatkan partai pengusung untuk ikut berhelat pada masa itu, kini dia, (HTK) masih menyimpan harapan untuk berbakti kepada Negeri yang dicintainya, didorong Pemuda dan berbagai tokoh, jika kali ini beliau tidak mendapatkan Perahu untuk berlayar di perhelatan Kontestasi Pilkada Kerinci 2024 ini, beliau sarankan untuk mengambil jalur independen demi terjaringnya beliau sebagai Calon Bupati Kerinci di tahun 2024 ini.

Melihat kebelakang dari perjalanan Politik yang dilaluinya, berbagai macam kendala yang dihadapi, namun tidak terlepas dari semangat dari orang-orang dekat khususnya para Pemuda dan Masyarakat, sehingga tidak menyurutkan semangat dirinya untuk kembali bersaing dalam membangun Kerinci ke arah yang lebih tinggi, dimana menurutnya adanya ketimpangan sosial masyarakat, pembangunan yang tidak adil dan belum sepenuhnya merata, membuat dirinya harus berdiri untuk mengangkat harkat dan martabat Masyarakat Kerinci pada umumnya.

Pada pembangunan pula, dia melihat adanya perbedaan yang menurutnya kurangnya perhatian Pemerintah dalam pembangunan secara adil dan menyeluruh, dimana masih terdapat Desa di pinggiran yang luput dari perhatian Pemerintah.

Menurutnya, Pemerintah masih belum hidup untuk Kerinci, buktinya masih ada Desa pinggiran yang masih belum dapat merasakan pembangunan, infrastruktur yang memadai, kebutuhan pertanian yang cukup, dan modal usaha bagi masyarakat. Untuk itulah dia hadir ditengah Masyarakat dalam mengangkat martabat dan kehormatan Masyarakat yang kurang mampu, baik masyarakat miskin maupun masyarakat yang berkebutuhan khusus. Baik itu berlatar petani, Pekebun, pelaku usaha dan Nelayan.

Dikutip dari beberapa media yang pernah mengangkat figur pemimpin yang dalam hal ini HTK untuk Bupati Kerinci, ditulis wartawan tentang dukungan terhadap HTK untuk Bupati Kerinci, penulis dapat menyimpulkan bahwa figur Pemimpin pada sosok H. Tafyani Kasim (HTK) sudah dikenal oleh Masyarakat Kerinci, karena disetiap kedai kopi di persimpangan jalan yang ada di Kerinci, semua membicarakan sosok H Tafyani Kasim, karena dinilai mampu mengedepankan kepentingan Masyarakat terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil penelitian secara ilmiah dari penulis, ditemukan adanya sebagian besar Masyarakat Kerinci yang ingin perubahan, baik gaya pimpinan, pembangunan yang merata.

MA seorang ibu rumah tangga asal Koto Salak bertutur kepada penulis, “Selama lima tahun terakhir ini, kami lihat tidak adanya perubahan yang dialami, sebagaimana janji para tokoh politik untuk berkeadilan, namun yang kami alami ketika ini adalah sebaliknya, tidak ada yang harus dibanggakan” kata MA kepada penulis.

Dalam harapannya, masyarakat mendambakan memiliki pemimpin yang mau mendengarkan keluh kesah warga, persoalan mendasar masyarakat yang harus diketahui oleh pemimpin. Dan besar kemungkinannya bahwa figur HTK merupakan sosok yang tepat menurut MA dan Masyarakat Kerinci dari bagian Hilir.

“Kami mendesak beliau maju untuk periode ini, baik melalui jalur independen maupun partai, karena kami sangat yakin bahwa beliau adalah orang yang tepat.” Ujar Tokoh Masyarakat Kerinci yang enggan disebutkan namanya.

Komentar