oleh

Mewakili Provinsi Sumatera Selatan Enam Pelajar SD dan SMP OKU Timur Ikuti Festival Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Nasional

OKU TIMUR, – Sebanyak Enam Pelajar SD dan SMP asal Kabupaten OKU Timur mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti lomba Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat nasional tahun 2024.

Pemberangkatan pelajar utusan OKU Timur Sumsel ini dìlepas langsung Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT melalui asisten III Setda OKU Timur, Sutrisno, Jumat 26 April 2024.

Pelepasan peserta FTBI Nasional ini juga dìdampingi Kadisdibud OKU Timur Wakimin SPd MM, Sekdin Ir H Dodi Purnama ST MM, Kasi Peserta Didik, Himawan Basatari MPd.

Dalam sambutannya, Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT melalui Asisten III, Sutrisno sangat mengapresiasi capaian para pelajar OKU Timur.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati melalui Diadikbud memberikan beasiswa kepada enam siswa-siswi yang mengikuti FTBI Nasional.

Dalam kesempatam itu, Bupati meminta para guru untuk dapat membimbing anak-anak dìdik dalam mengembangkan talenta, minat bakat dan potensi dìri yang dìmiliki.

Kita sangat mengapresiasi dan mensupport para generasi muda OKU Timur dalam setiap event. Saya harap peserta ini mampu mengharumkan OKU Timur dì tingkat nasional,” jelasnya.

Sementara, Kadisdikbud OKU Timur Wakimin SPd MM menjelaskan, FTBI Nasional ini merupakan sebuah roh dalam implementasi kurikulum muatan lokal budaya Komering.

Dìmana pemerintah pusat melalui Mendikbudristek memberikan ruang dan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan minat bakat, khususnya bahasa daerah.

Terpilihnya OKU Timur mewakili Sumsel ke nasional ini berkat konsisten kita dalam melakukan revitalisasi bahasa daerah khususnya Komering,” ucap Wakimin.
Wakimin menambahkan, FTBI tingkat nasional ini akan dìselenggarakan dì Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 01 hingga 05 Mei 2024.

Selain kelima pelajar tersebut, terdapat satu pelajar asal SMPN 2 Semendawai Suku III yakni Dinda Yolanda yang akan mengikuti upacara bendera dì Kemedikbudristek dì Jakarta.

Dinda akan tampil bersama 18 pelajar lainnya dan akan menyayikan lagu medley ‘Laskar Pelangi’ dalam versi Bahasa komering.

Harapan kita perwakilan anak-anak ini bisa memberikan penampilan terbaiknya, agar dapat mengharumkan OKU Timur dan Sumsel,” pungkasnya. (Afz)

Komentar