oleh

Polres OKU Gelar Kegiatan Penanaman Pohon, Bantuan Ketahanan Pangan Dan Pemberian Beasiswa Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024

-Polri-752 Pembaca

OKU SUMSEL, gerhanaonline.net – Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024 Polres gelar kegiatan Penanaman Pohon, Bantuan Ketahanan Pangan Dan Pemberian Beasiswa yang berlangsung di Desa Banuayu Dusun Lekis Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU. Kamis (27/06/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres OKU AKBP. Imam Zamroni, S.I.K., M.H., PJU Polres OKU, Kasat, Kasi Humas Iptu Ibnu Holdon, Kapolsek Baturaja Timur, Barat, Lubuk Batang, Ketua Bhayangkari Cabang OKU Ny. Fitri Imam Zamroni bersama pengurus Bhayangkari.

Selain internal Polres OKU, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan diwakili oleh Penyuluh Bidang Perikanan, Kepala Desa Banuayu Dusun Lekis diwakili oleh Perangkat Desa, Para Penerima Beasiswa dan Orang Tua/ Wali nya.

“ Kapolres OKU AKBP. Imam Zamroni, S.I.K., M.H., menyampaikan kegiatan Penanaman Pohon, Bantuan Ketahanan Pangan Dan Pemberian Beasiswa dalam rangka HUT Bhayangkara ke 78 Tahun 2024.

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia yang mana dari Mabes Polri diselenggarakan oleh AS SDM Polri. Pada kesempatan ini Kapolres OKU menyampaikan kepada Bapak Ibu sekalian mohon maaf atas ketidaknyamanan tempat yang kami sediakan kepada Bapak Ibu sekalian, kami mohon maaf dengan sebesar-besarnya karena ini yang bisa kami siapkan secara maksimal di lokasi tempat langsung yang mana agar kita semuanya bisa langsung memberikan ataupun menanam ataupun terkait dengan ketahanan pangan dan pembudidayaan ikan agar bisa langsung ditanam dan di langsung diberikan di kolam yang ada di desa banuayu.

Pada kesempatan ini kami sampaikan juga kepada Bapak Ibu sekalian Bahwa dalam rangka HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2004 ini Polri saat ini mengedepankan untuk bersama-sama dengan pemerintah baik pusat maupun daerah, provinsi maupun kabupaten untuk sama-sama mewujudkan Indonesia yang lebih maju yang mana untuk ke depan ketahanan pangan menjadi hal yang prioritas yang mana dampak dari perubahan iklim dan juga dampak perang yang ada di Negara-negara belahan di dunia baik di Ukraina maupun di Timur Tengah yang tidak pernah sampai sekarang belum jelas Kapan berhentinya yang berdampak terkait dengan sumber pangan.

Oleh karena itu seluruh dunia sudah mengantisipasi terkait dengan ketahanan masing-masing di negaranya seperti layaknya di Vietnam sudah membatasi ekspor beras ke luar negeri karena sudah mempersiapkan untuk ketahanan pangan di kemudian hari.

Terkait dengan kegiatan ini perubahan iklim ini juga sudah pernah terjadi di zaman nabi yang mana dulu sebuah kisah nabi. Yusuf Alaihissalam yang mana sampai beliau diangkat sebagai ahli perencanaan dalam sebuah kerajaan di Mesir yang mana sudah diprediksi sekian tahun akan terjadi kemarau panjang. Hal inilah yang kita rencanakan oleh negara Indonesia kita untuk mempersiapkan karena perubahan iklim itu sudah bisa saat ini kalau dulu Nabi Yusuf Alaihissalam berdasarkan mimpi kalau saat ini dengan teknologi BMKG dan lain sebagainya sudah bisa memprediksi bahwa sekian tahun akan ada perubahan iklim yang ekstrem yang akan berdampak ke pertanian dan lain sebagainya yang akan susah untuk bertumbuh.

Oleh karena itu kalau kita tidak mempersiapkan dari sekarang seperti sebuah kisah tradisional nabi maka kita akan terjadi. kesusahan pangan di kemudian hari. Untuk merencanakan hal itu semuanya saat ini ditanamkan oleh pemerintah pusat, daerah dan semua Kementerian untuk mendorong agar menggerakkan lagi ketahanan pangan di semua daerah agar suatu ketika terjadi perubahan iklim yang panjang negara ini tidak goyang karena kelaparan atau kesusahan pangan.

Pada momen ini di tahun 2024 Polri ikut serta bersama dengan pemerintah daerah untuk bahu membahu dengan TNI. Saat ini rekan-rekan TNI juga sedang bahu membahu melaksanakan optimalisasi lahan untuk di wilayah Kodim 0403 OKU yang ada di OKU Timur kalau tidak salah sekitar 5000 hektar yang sedang dioplah ini juga salah satu mempersiapkan tadi.

Dalam momen ini kita mengingatkan kepada diri masing-masing mari kita tingkatkan ketahanan pangan mulai dari lingkungan tempat tinggal masing.

Dalam kegiatan ketahanan pangan ini, kami Polres OKU juga mengadakan kegiatan pemberian beasiswa yang kami fokuskan kepada anak anak personel Polres OKU yang mana pada tahun ini menjadi anak yatim atau piatu yang ditinggalkan orang tuanya baik ibu maupun bapak.

Sehingga kami berharap generasi penerus kami keluarga besar Polri khususnya di Polres OKU tidak kehilangan keluarga yang mana mereka semua tetap menjadi keluarga besar Polres OKU. (Afz)

Komentar