oleh

Polres Oku Gelar Apel Kesiapan Pam Takbiran Dan Sholat Idul Adha 1443 H 

OKU SUMSEL, – Jum’at (08/07/2022) pukul 16.00 Wib, Polres Oku menggelar apel kesiapan pengamanan Malam Takbiran Dan Sholat Idul Adha 1443 H di halaman Mapolres Oku.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Oku Akbp Danu Agus Purnomo, S.IK., diikuti Pejabat Utama Polres Oku, serta personel gabungan Polres dan Polsek jajaran.

Dalam arahannya, Kapolres Oku Akbp Danu Agus Purnomo, S.IK., menyampaikan bahwa apel kesiapan tersebut dilakukan untuk mengukur dan mengecek kesiapan personel maupun kendaraan dinas yang akan dipergunakan pada pengamanan Malam Takbiran Dan Sholat Idul Adha 1443 H.

Kapolres juga mengingatkan kepada jajarannya, khususnya jajaran Satuan Lalu Lintas yang terlibat dalam pengamanan Malam Takbiran Dan Sholat Idul Adha 1443 H untuk mengantisipasi situasi kamtibmas di wilayah.

Pelaksanaan idul Adha tahun 2022 ini adalah pada hari Minggu tanggal 10 namun saudara-saudara kita khususnya dari Muhammadiyah atau melaksanakan idul Adha besok pada hari Sabtu tanggal 09 Juli 2022.

 

Hal ini menjadi sebuah keragaman yang patut kita hormati, patut kita cintai, karena pada intinya perbedaan adalah sebuah keindahan lukisan semakin banyak corak warnanya semakin berbeda pola konturnya, maka lukisan itu semakin indah, dibandingkan dengan lukisan yang hanya satu warna yang ada hanya warna hitam saja atau warna putih saja.

Kita sebagai aparat penegak hukum yang melaksanakan tugas untuk melindungi mengayomi dan melayani masyarakat berkewajiban menjaga kegiatan masyarakat tersebut, menjaga aktivitas yang merupakan bagian dari kalender kamtibmas di seluruh Indonesia wajib kita amankan.

Penekanan dari Kapolres Oku khususnya dengan kasus kasus yang terjadi belakangan atau bahkan terjadi semalam, saya mendapat informasinya pukul 01.00 dini hari, ada rekan kita dari apakah itu LSM atau rekan-rekan dari media mereka dianiaya bahkan sampai ditusuk, yang pernah kita laksanakan yang pernah kita lakukan sebelumnya untuk menjaga situasi Kamtibmas diwilayah Oku ini, saya harapkan ditingkatkan kembali.

Silahkan rekan rekan khususnya dengan sistem yang berlapis atau body sistem bukan sendirian cek misalnya ada remaja berkumpul ada remaja yang misalkan nongkrong apakah mungkin mereka membawa sajam, barang yang berbahaya lainnya.

Karena faktanya tadi malam dekat dengan Simpang atau perempatan Sukajadi rekan-rekan kita ini lewat di sana sekitar jam 1, kemudian dikeroyok ditusuk, hal ini seharusnya bisa kita cegah dengan kita menggalakkan kegiatan patroli dengan menggalakkan kegiatan yang sifatnya preventif tapi kalau kita sudah abai kita sudah cuek satu persatu kejadian pasti akan kembali terjad.

Kita tahu bersama menjelang malam perayaan idul Adha apakah itu nanti malam atau besok malam potensi gangguan pasti akan ada, masyarakat dimungkinkan dengan situasi dan kondisi saat ini yang sudah mulai, mulai walaupun, walaupun di wilayah Jawa di wilayah lainnya sudah mulai merebak kembali khususnya terkait virus covid-19. Kalau kita baca di media Omicron, BA4BA5 penyebarannya sangat cepat tapi itu tadi karena kita masih menganggap bahwa suasana sudah kembali baik, suasana kembali pulih.

Terkait menjelang malam perayaan idul Adha, Masyarakat pasti akan banyak, mereka akan berupaya untuk memanfaatkan malam takbiran ini apakah itu akan berkumpul mereka muter-muter inilah yang perlu kita amankan dan perlu kita jaga kita pastikan tidak ada gangguan dalam artian apakah mereka membawa sajam apakah niat mereka akan membuat onar apalagi misalkan mereka sudah menyimpan atau merencanakan akan minum-minum minuman keras.

Oleh karena itu, seluruh personel tetap siaga, khususnya Sat Lantas untuk mengantisipasi kepadatan arus Lalu Lintas bilamana nantinya terjadi lonjakan kendaraan di wilayah kota baturaja.

Afz

Komentar